RSS
"Selamat Datang Di Blog Yang Ga jelas Ini, Semoga Anda Semua Terhibur n Semoga Menambah Wawasan Anda"

Sabtu, 07 November 2009

DO YOU KNOW????

à Flavonoids yang terkandung dalam TEH HIJAU dapat mengurangi risiko munculnya beberapa jenis kanker lainnya seperti kanker PROSTAT, kanker USUS, dan kanker LAMBUNG.

à Percikan sinar las listrikpun memancar ke udara menempuh lintasan parabola.

à EMPIRE STATE BUILDING setinggi 1.250 ft (380 m) dibuat bergetar oleh suatu angina kuat, walaupun pergeseran seperti pada gambar terlihat kecil, bangunan-bangunan tinggi dapat bergoyang sampai dengan beberapa meter. Faktanya, pada hari benyak angina, menara kembar WORLD TRADE CENTER di Manhattan, Amerika Serikat, akan bergeser 6 sampai 7 ft (1,8 sampai 2,1 m), dan elevator –elevator harus diperlambat.

à Anda dapat membedakan telur baru dan telur busuk hanya dengan menjatuhkannya kedalam air segar (air ledeng). Telur baru akan tenggelam di dalam air karena massa jenis rata-ratanya lebih besar daripada massa jenis air segar. Telur busuk akan mengapung didalam air segar karena kuning dan putih telurnya mengering, sehingga massa jenis rata-ratanya lebih kecil daripada massa jenis air segar.

à Tetes embun yang jatuh pada sarang laba-laba berbentuk bola; Tetes air yang jatuh dari karn mendekati bentuk bola; Nyamuk dapat hinggap pada permukaan air.

à Persamaan gas ideal menjadi pedoman dalam perancangan kantong udara pengaman yang sekarang banyak digunakan pada mobil-mobil sedan. Dalam suatu tabrakan, kantong ini mengembang dan mengurangi akibat fatal (sebagai bantalan) benturan antara pengemudi dengan bantalan stir. Untuk mengembangkan kantong gas nitrogen dipaksa masuk dalam kantong. Tetapi, berapa banyak nitrogen yang diperlukan? Sekali perancangan telah sesuai untuk mengembangkan kantong udara pada suatu suhu yang sesuai untuk kondisi-kondisi paling dingin dalam pengemudian, jumlah mol n nitrogen dapat dihitung dari persamaan gas ideal n = pV/RT.

à Gas terdiri dari molekul-molekul. Ukuran molekul sangatlah kecil sehingga Anda tidak bias melihatnya dengan mata telanjang. Molekul-molekul gas baru terlihat jika diletakan di bawah mikroskop electron. Bagaimanakah gerak molekul-molekul? Pada tahun 1827, seorang pakar biologi Inggris, Robert Brown (1773-1858), mengamati di bawah mikroskop bahwa molekul-molekul bergerak secar random (acak atau sembarang) dengan kelajuan tetap. Sesuia dengan penemunya, gerak molekul-molekul ini dinamakan gerak brown.

à Ketika tutup botol suatu minuman bersoda dibuka, gas dalam leher botol memuai secara cepat dan adiabatic. Gas melakukan usaha pada udara sekitarnya dan kehilangan energi kalor. Sebagai hasilnya, suhu dalam botol dapat berkurang dari kira-kira 41°F (5°C) menjadi -31°F (-35°C). perubahan drastic ini menyebabkan uap air dalam leher botol mengembun menjadi suatu awan dari tetesan-tetesan kecil.

à Sesuai dengan hokum kedua termodinamika, konversi siklus dari energi panas menjadi energi bentuk lain tidak dapat memiliki efisiensi sempurna; sejumlah energi harus dibuang ke sumber dingin. Menara pendingin pada sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), adalah tempat dimana energi panas dibuang. Jika energi panas langsung dibuang ke lingkungan, akan menimbulkan dampak lingkungan. Jika dibuang ke sungai atau laut misalnya, energi panas ini dapat membunuh ikan dan sumber bahan pangan. Jika dibuang ke darat, energi panas dapat membunuh tanaman dan menyebabkan tanah tidak subur. Menara pendingin berfungsi mendinginkan air, yang akhirnya dibuang ke lingkungan, memiliki suhu yang tidak membahayakan lingkungan.

à Panjang minimum cermin datar untuk dapat melihat seluruh banyangan anda dalam cermin adalah setengah dari tinggi Anda.

à Anomalia (ketidakteraturan) air sangat penting artinya bagi kehidupan ikan dan tumbuh-tumbuhan didalam air pada saat cuaca sangat dingin. Ketika Air dingin dalam telaga atau danau mencapai suhu di bawah 4°C, pertambahan volume air karena pemuaian akan memperkecil massa jenis air yang lebih dingin. Air lebih dingin yang massa jenisnya lebih kecil akan bergerak ke permukaan telaga, sedangkan air 4°C yang massa jenisnya lebih besar akan tenggelam ke dasar telaga. Sebagai hasil, air di permukaan akan membeku terlebih dahulu, sebab air di permukaanlah yang mencapai suhu 0°C. Jadi, di permukaan air akan terbentuk lapisan es. Air di bawah lapisan es pada telaga atau danau yang dalam tidak pernah membeku, sehingga ikan dan tumbuhan-tumbuhan di dalam telaga mampu bertahan hidup menghadapi musim dingin.

à Pada cuaca panas, kulit kita berkeringat. Keringat ini menguap dan kalornya diambilkan dari tubuh kita sendiri sehingga tubuh kita menjadi ledih dingin.

Tidak seperti kita, anjing tidak memiliki kulit yang berkeringat. Ketika cuaca panas, anjing menjulurkan lidahnya agar terjadi penguapan pada air ludahnya, dan tubuh anjing menjadi lebih dingin.

à Pada dinding kendi terdapat pori-pori (celah-celah) yang kecil. Sedikit air yang keluar melalui poro-pori itu menguap. Kalor yang diperlukan untuk penguapan air itu diambil dari kendi dan air didalamnya. Ini menyebabkan air dalam kendi ledih dingin.

à Salah satu aplikasi dari penemuan tentang hantaran listrik melalui gas bertekanan rendah adalah pembuatan lampu tabung, seperti lampu neon dan lampu natrium. Lampu neon bercahaya merah, banyak digunakan untuk lamou reklame; lampu natrium bercahaya kuning; banyak digunakan untuk penerangan jalan raya.

à Yersinia pestis diduga sebagai penyebab black death yang terjadi pada abad ke-14. pada tahun 1347-1351, wabah tersebut membunuh 75 juta orang di seluruh dunia, termasuk sepertiga penduduk Eropa pada saat itu. Ada dua bentuk wabah yang disebabakan oleh penyakit ini, tipe bubonic dan pneumonic.

Pada tipe bubonic, bakteri menyebabkan pembengkakan di bagian ketiak, leher, dan selangkangan. Pembengkakan tersebut akan pecah dan mengeluarkan darah dan nanah. Pembuluh darah yang bocor menyebabkan darah mengalir di bawah kulit sehingga kulit terlihat menghitam. Oleh sebab itulah penyakit ini disebut black death (kematian hitam). Setidaknya separuh dari jumlah korban meninggal dalam waktu seminggu. Pada tipe pneumonic, penderita akan terus berkeringat dan batuk darah memenuhi paru-paru mereka. Hamper tidak ada korban selamat dalam wabah itu.

à Spirulina adalah nama umum untuk suplemen makana yang di hasilkan dari Arthrospira platensis dan Arthrospira maxima. Meskipun kedua spesies itu tidak termasuk kedalam genus Spirulina lagi, nama ‘Spirulina’ masih digunakan sebagai nama populernya. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan spirulina mampu menghambat penggandaan Human immunodeficiency virus (HIV) penyebab penyakit AIDS di dalam tubuh manusia.

à Telah kita ketahui bahwa tekanan di atas permukaan air menentukan titik didih air, makin kecil tekanan, makin rendah titik didih air. Di bulan tidak ada atmosfer, sehingga tekanan di atas permukaan air adalah nol. Jadi, air akan mendidih dengan dahsyat. Kalor laten untuk mendidihkan air diambil dari air itu sendiri, sehingga air mendingin dan akhirnya membeku menjadi es.

à Beberapa jenis burung menggunakan gerakan kalor (panas) untuk membantu terbang, misalnya burung elang. Burung ini terbang tinggi tanpa mengepakkan sayapnya karena dia meggunakan putaran angina konveksi.

à Arus listrik i mengalir melalui kawat bertegangan dan kedua telapak kaki burung berdiri (bertengger) pada tegangan yang sama (VA = VB). Maka tubuh burung tidak dilalui oleh arus listrik. Dengan kata lain burung tidak terkena kejuan listrik.

Seandainya kawat putus dan burung tetap bertengger pada kawat saat kawat listrik menyentuh tanah, apa yang terjadi? Kaki kanan dari burung bertegangan, sedangkan kaki kiri dari burung bertegangan nol (karena kaki kiri berhubungan dengan tanah, yang memiliki potensial nol). Karena ada beda tegangan antara kedua kaki burung, maka arus listrik akan mengalir dari kaki kanan yang bertegangan ke kaki kiri yang bertegangan nol, melalui badan burung. Burung akan segera hangus karena terkena kejutan listrik.

à Mata binatang dan serangga sering kali lebih peka terhadap radiasi dengan panjang gelombangt yang tidak dapat kita lihat. Lebah bereaksi terhadap sinar ultraviolet. Suatu bunga yang tampaknya berwarna seragam bagi kita nampak memiliki suatu pusat gelap bagi seekor lebah, yang memungkinkan lebah mendapatkan tepung sari.

Tidak ada komentar: