RSS
"Selamat Datang Di Blog Yang Ga jelas Ini, Semoga Anda Semua Terhibur n Semoga Menambah Wawasan Anda"

Minggu, 04 Oktober 2009

10 gejala mengganggu otak

Nih dia… hal – hal yang kelihatannya sepele tapi bisa berakibat fatal

Tidak sarapan pagi

Kalo ga sarapan pagi maka kadar gula darah akan menurun, hal ini akan menurunkan suplai nutrisi ke otak. Lama – lama otak kita jadi kurus kering karna ga dapet gizi. So… sempetin sarapan! (t’utama anak kos tuh…biasanya khan pada males sarapan….)

Makan terlalu banyak

Kalo kita makan terlalu banyak maka sebagian karbohidrat yang tidak diubah menjadi energi akan diubah oleh tubuh menjadi lemak… and…pembuluh darah otak akan mengeras karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah otak, akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun. Jadi, makan secukupnya aja, ingat.. bedakan antara keinginan dan kebutuhan…ingin makan dengan butuh makan beda lho …!!!

Merokok

Zat- zat berbahaya yang terkandung dalam rokok akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat. Selain itu zat – zat ini dapat mengakibatkan Alzheimer dan berbagai macam gangguan kesehatan lainnya (udah tau sendiri khan?!). So, bagi yang bukan perokok..pertahankan terus prestasimu  and bagi perokok terutama perokok berat  diusahain berhenti ngrokok ya…!

Menkonsumsi gula terlalu banyak

Konsumsi gula yang terlalu banyak akan mengganggu penyerapan gizi dan nurtrisi . Hal ini mengkibatkan ketidakseimbangan gizi yang pada akhirnya akan mengganggu perkembangan otak.

Polusi udara

Polusi udara menyebabkan suplai oksigen ke tubuh kita menurun so efisiensi otak juga akan menurun. Karna ga mungkin kita ga terkena polusi sama sekali… jadi ya… kurangin terpapar polusi berlebihan.

Kurang tidur

Ehm…buat anak – anak yang suka begadang…perhatikan !!! Kebiasaan ini selain berpotensi menyebabkan paru – paru basah juga bisa merusak otak lho! Tidur itu selain sarana istirahat buat otot – otot kita juga merupakan alat istirahat otak, kurang tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel – sel otak.

Menutup kepala saat tidur

Menutup kepala saat tidur dapat meningkatkan konsentrasi karbondioksida (CO2) so konsentrasi oksigen (O2) akan menurun, penurunan oksigen ini (seperti pada kasus polusi udara) akan mengakibatkan kerusakan otak.

Menggunakan pikiran saat sakit

Memaksa otak bekerja terlalu keras atau menggunakan pikiran saat sakit bisa mengakibatkan efektifitas otak menurun. Jadi pas sakit jangan badannya aja yang diistirahatin, otaknya juga! Kebanyakan pikiran saat sakit juga bisa bikin kita ga sembuh – sembuh…apalagi kalo sampai terserang psikosomatik … wah… sakitnya bisa tambah lama…

Kurang menstimulasi pikiran

Berpikir itu melatih otak, bagi yang ga suka mikir tu artinya kurang menstimulasi otaknya, kalo otak ga di stimulasi maka akan mengakibatkan pengkerutan otak. Kaya pisau tuh … kalo sering diasah kan jadi tajam, jadi … asah otakmu ! (Ngisi TTS juga bagus lho buat latihan otak !!!)

Jarang berkomunikasi

Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana untuk memacu kemampuan kerja otak and berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efesiensi otak. So rajinlah – rajinlah mengasah otak salah satunya dengan diskusi, tentunya mendiskusikan hal-hal yang positif (Yang pendiem jangan diem – diem amat ya… amat aja ga diem…

Tidak ada komentar: